Sabtu, 21 Juli 2018

Keterampilan Menejemen XIII

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai menejemen rantai pasok berkelanjutan yang didasarkan pada piramida pangan.

Rantai pasok atau supply chain adalah sebuah tahapan aktivitas dari hulu hingga hilir maupun sebaliknya. Rantai pasok yang berkelanjutan merupakan hasil integrasi rantai pasok dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan antar organisasi untuk pengolahan bahan, informasi, dan modal secara efisien dan efektif. Hal tersebut dimulai dari pengadaan bahan baku, proses, hingga produk berupa barang maupun jasa tersebut berhasil didistribusihan hingga ke tangan konsumen.

Terdapat konsep yang menunjang menejemen rantai pasok berkelanjutan, salah satunya brdasarkan piramid (based on the pyramid). Konsep ini menitik beratkan konsumen perusahaan besar, baik itu multinasional atau tidak yang berada pada bagian dasar piramida ekonomi dapat memberikan keuntungan terhadap produk atau layanan yang terjangkau sehingga mampu mengatasi masalah kemiskinan sehingga "based on the pyramid" dapat diartikan sebagai pembangunan yang berkelanjutan dengan cara meningkatkan pendapatan atau standar hidup rakyat miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar