Rabu, 03 Oktober 2018

Journal Review: a Change in Thinking about Food Systems Change by C. Clare Hinrichs

Transisi berasal dari bahasa Latin "transire" yang dalam bahasa Inggris, berarti "to go across" atau bahasa Indonesianya menyebrang. Transisi dapat juga diartikan perubahan. Transisi menuju keberlanjutan penting untuk dilakukan, mengingat berbagai ancaman pangan dan bidang lainnya di kemudian hari. Keberlanjutan dalam bidang pangan dapat meliputi produksi pertanian, kemanan pangan, serta sistem pangan. 


Image result for food sustainability
Sumber: adas.uk

"Transisi atau perubahan dalam masarakat dapat terjadi karena masyarakat menyadari bahwa ancaman kekurangan energi dan ketidakstabilan iklim dikemudian hari sangat besar dan menyebabkan kesadaran dan keinginan terciptanya peribahan untuk menghadapi berbagai ancaman tersebut. " - Tolnes England

Dundas dan London di Kanada; Bielefeld dan Witzenhausen di Jerman; Rockhampton dan Maleny di Australia; Kansale di Irlandia; Brixton, Bristol, Exeter, Falmouth, Finsbury, Portobello, dan Totnes di UK; Albany, Louisville wilayah Colorado, Louisville wilayah Kentucky, dan Putney di USA; Groningen di Belanda; Paredes em Transição di Portugal; telah berhasil menjadi kota transisi. 

Image result for transition towns
Sumber: transitionus.org

Transisi yang telah dilakukan adalah perubahan socio-technical dalam konsumsi pangan yang stabil, research dan pengaplikasian hard clean energy, dan lainnya.

Kota-kota ini berhasil melakukan transisi karena adanya peran serta dari stakeholder yang membantu masyarakat mengenalkan, menyebarkan dan juga menstabilkan transisi agar tetap sustain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar