Rabu, 10 Oktober 2018

Emerging Gluten Free: Trend in Canada and The Science behind It

Masyarakat Kanada tergila-gila dengan produk Gluten Free. Masyarakatnya menganggap produk dengan label ''Gluten Free" merupakan pilihan yang sehat bagi mereka. Mereka meninggalkan produk bergluten karena dianggap tidak menyehatkan, sebagai sumber berbagai penyakit di masa tua, dapat membuat gemuk dan lainnya. 

Tapi, apakah benar begitu?

Image result for gluten free product in canada
Sumber: glutenfree.jpg

Produk berlabel "Gluten Free" saat ini memiliki positioning "sehat" di benak masyarakat. Tanpa tahu artinya, masyarakat mengasumsikan "Gluten Free" sebagai pilihan yang sangat tepat, dan "Gluten" adalah kandungan dalam gandum yang sangat buruk bagi kesehatan.

Sebenarnya, gluten memang merupakan komponen dalam gandum. Namun bukan hanya dalam gandum, tapi juga dalam serealia lainnya seperti barley, rye, dan lainnya. Gluten adalah kompleks protein glutein dan gliadin yang berperan dalam pembentukan tekstur serealia, dimana glutein berperan sebagai pengelastis, sedangkan glaidin sebagai penguat atau pengokoh. 

Produk gluten free diciptakan sebenarnya untuk pengidap celiac disease, yakni penderita kelainan genetik yang menyerang sistem imun dan menyebebkan reaksi autoimun terhadap senyawa gluten. Jika penderita celiac disease mengonsumsi produk ber gluten, imunnya akan menyerang usus halus penderitanya, maka diciptakanlah produk gluten free yang ditujukan bagi penderita celiac disease.

Image result for celiac disease
Sumber: share.baptisthealth.com

Sebanyak 4 juta produk gluten free tersedia di Kanada, padahal penderita celiac disease-nya hanya berjumlah 35 ribu orang. Hal ini disebabkan tingginya permintaan masyarakat terhadap produk gluten free oleh masyarakat yang tidak mengidap penyakit ini. Tren ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk gluten free, serta positioning produk oleh produsen makanan yang menyimpang. Padahal, kandungan gluten pada makanan diperlukan juga bagi masyarakat yang tidak mengidap penyakit celiac disease. Produk bergluten memiliki serat lebih tinggi, sehingga konsumen akan merasa kenyang lebih lama dan dapat menekan rasa lapar berlebihan, serta melancarkan pencernaan karena bakteri baik dalam usus terpelihata dengan baik.

Alangkah disayangkan apabila kandungan gluten yang bermanfaat justru dijauhi karena anggapan yang kurang tepat, bahkan masyarakat membayar harga yang lebih mahal pada produk yang tidak lebih baik dari produk ber-gluten.

Image result for gluten free
Sumber: veestro.com

Produk berlabel gluten free sebenarnya memiliki beberapa kekurangan lain, yakni kalori, garam, gula dan lemak lebih tinggi dari produk ber-gluten.

Jadi,
Masih mau pilih produk gluten free?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar