Rabu, 17 Oktober 2018

Journal Review: Biotechnology or Organic? Extensive or Intensive? Global or Local? A Critical Review of Potential Pathways to Resolve the Global Food Crisis By Fraser et al, 2016

Peningkatan jumlah penduduk harus diikuti dengan peningkatan berbagai aspek kehidupan masyarakat agar tidak terjadi berbagai kelangkaan seperi kelangkaan sumber daya alam yang mendorong terjadinya krisis pangan. 

Krisis pangan sendiri merupakan ketidakmampuan mengakses, memperoleh, atau membeli makanan. Krisis pangan dapat terjadi karena produksi pangan yang rendah serta ketidakmampuan politik dalam menjaga stabilitas pangan, seperti tingginya angka food waste dan kurang meratanya distribusi pangan, seperti yang terjadi di dunia. Terdapat banyak daerah yang penduduknya kelaparan, namun juga banyak daerah yang penduduknya obesitas.
Image result for food crisis
Sumber: steemit.com

Untuk menghindari terkjadinya krisis pangan, perlu dilakukan beberapa hal, yakni:
1. Teknologi peningkatan pangan
    Jumlah penduduk yang terus berumbuh perlu diseimbangkan dengan peningkatan jumlah pangan. Peningkatan jumlah pangan dapat dilakukan dengan menghasilkan dan menggunakan bibit transgenik yang tahan terhadap hama, cuaca ekstrim, dan memiliki keunggulan-keunggulan lain sehingga dapat memaksimalkan jumlah produksi pangan.
Related image
Sumber: pakistantoday.com

2. Pemerataan distribusi pangan
    Peningkatan pangan yang tidak diimbangi dengan distribusi yang baik juga tetap dapat menciptakan krisis pangan. Kekuatan politik setiap negara harus dikerahkan dalam menciptakan pemerataan distribusi pangan hingga ke pelosok. Penggunaan bahan pangan jangan sampai dikerahkan untuk pembuatan bio-fuel. Jika suatu food waste masih dapat diolah menjadi pangan lain, harus diusahakan terlebih dahulu agar menjadi pangan lain, jangan langsung digunakan untuk membuat bio-fuel. Penggunaan lahan peternakan juga lebih baik dikurangi, agar dapat digunakan menjadi lahan pertanian penghasil pangan. Lahan peternakan yang semakin besar meningkatkan kadar metana yang dihasilkan, dan memperparah global warming.
Image result for food crisis
Sumber: bizgovsoc9.wordpress.com

3. Kedaulatan pangan lokal
    Pengalihan pangan industri besar menjadi kembali ke pangan lokal dianggap dapat menyelesaikan krisis pangan, namun tidaklah mudah mengingat besarnya pertumbuhan ekonomi berbagai negara akibat menjamurnya industri bidang pangan. Pangan lokal dianggap baik bagi lingkunagn, tidak merusak lingungan, dan kedaulatan pangan lebih terjamin, namun pangan yang dihasilkan industri besar hasil panennya lebih banyak dan pendistribusian lebih luas walaupun keamanan lingkungan tidak terjamin serta tingginya penggunaan energi. 
Image result for food crisis
Sumber: geneticliteracy.project.org

4. Kebijakan pemerintah
    Segala hal yang terjadi pada setiap negara tidak lepas dari peran serta pemerinthnya. Apapun langkah yang akan diambil, pastinya harus dipikirkan dengan matang bagi menghaindari terjadinya krisis pangan. Pemerintah dapat membuat regulasi mengenai food waste, pemerataan distribusi pangan, pengelolaaan kedaulatan pangan lokal, regulasi bagi industri pangan, dan lainnya.
Image result for food crisis regulation
Sumber: alaraby.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar