Minggu, 28 Juli 2019

Budaya Makanan V: Kaledo

Kaledo merupakan makanan khas suku Kaili yang berlokasi di Donggala, Sulawesi Tengah. Kaledo merupakan sup kaldu dari tulang kaki sapi. Terdapat cerita menarik mengenai kisah diciptakannya Kaledo.

Dikisahkan dahulu kala terdapat acara pembagian sapi. Di kala itu, masyarakat Jawa datang paling awal dan mengambil daging sapi dan membuat sate dan bakso, disusul dengan masyarakat Makasar yang mengambil jeroannya dan membuat coto makasar, dan terakhir suku Kaili datang dan mengambil sisa dari sapi, yakni tulangnya.



Budaya Makanan IV: Sup Konro

Sup konro merupakan makanan yang menyerupai rawon. Kuahnya berasal dari rebusan kluwak sehingga warnanya kehitaman. Isi sup konro biasanya iga kerbau, namun kini juga dapat dimasak dengan iga sapi. Sup konro umum dimakan oleh suku Bugis dari Makasar. Sup konro biasa dinikmati dengan sajian nasi menyerupai ketupat bernama buras, yang dimasak menggunakan  santan dan dibungkus dengan daun pisang.

Budaya Makanan III: Papeda

Papeda merupakan makanan khas dari daerah Papua dan Maluku. Papeda terbuat dari sagu yang dihaluskan menjadi tepung dan dicampur air panas hingga bertekstur lengket. Papeda umum dimakan sebagai makanan pokok dan didampingi ikan, sayuran dan kuah kuning.

sumber: rasasayange.co.id

Sabtu, 13 Juli 2019

Budaya Makanan II: Tumpeng

Tumpeng merupakan makanan khas Indonesia yang kental dengan budaya kejawen dan dapat ditemukan dipulau jawa dengan resep yang berbeda-beda. Tumpeng sendiri merupakan jenis penyajian nasi yang dibentuk mengerucut. Nasi yang digunakan dapat berwarna kunikng, putih, biru, hitam, dan lainnya, tergantung jenis tumpeng yang dibuat. 

Tumpeng umum disajikan diatas tampah yang dialas dengan daun pisang. Daun pisang dibentuk sedemikian rupa agar ujung-ujungnya meruncing bagaikan bentuk matahari. Ditengah-tengah daun pisang, nasi dibentuk mengerucut, dikelilingi lauk pauk maupun sayuran yang umunya berjumlah 7, yang dalam bahasa jawa, 7 dibaca pitu, yang dimaksudkan agar mendapatkan pitulungan atau pertolongan dari Yang Maha Kuasa. 

Cara memakan tumpeng yang benar menurut adat jawa adalah dengan mengambil nasi dari bawah dengan tangan, bukan dengan dipotong seperti yang kita ketahui seperti sekarang ini. 




Rabu, 10 April 2019

Management II: Strategic Planning

Untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan perusahaan, dibutuhkan strategic planning . Strategic planning atau rencana strategis dapat diartikan sebagai perencanaan matang yang telah dipikirkan dengan baik untuk kedepannya. Strategic planning di desain sedemikian rupa sehingga untuk mengubahnya, akan menyebabkan kerugian materi, waktu dan tenaga.

Startegic planning dapat dibagi menjadi 3, yakni:
1. Perencanaan jangka panjang, merupakan rencana untuk 20 tahun ke depan
2. Perencanaan jangka menengah, merupakan rencana untuk 5 tahun kedepan
3. Perencanaan jangka pendek, merupakan rencana untuk 1 tahun kedepan

Jika perusahaan mengalami hambatan dalam melakukan strategic plan, dapat dilakukan manuver atau taktik, tapi harus dipastikan agat manuver yang akan dilakukan tetap sesuai arah dan tidak boleh mengubah sasaran.

Sumber gambar: google.com

Rabu, 27 Maret 2019

Budaya Makanan I: Introduction

Terdapat berbagai makanan khas Indonesia yang sangat menarik untuk diketahui, seperti:
1. Tumpeng
Sumber: google.com
2. Ingkung ayam
Sumber: google.com
3. Papeda dan ikan kuning
Sumber: google.com
4. Sup Konro
Sumber: google.com
5. Naniura dan Arsik
Naniura
Sumber: google.com
Arsik
Sumber: google.com

6. Kaledo
Sumber: google.com
7. Lemang dan tapai
Sumber: google.com
8. Pepes patin dalam bambu
Sumber: google.com

Management I: Introduction to management

Menejemen merupakan ilmu yang sangat berperan besar dalam dunia ekonomi. Menejemen merupakan proses manipulasi berbagai sumber daya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Sumber daya yang dimaksud dalam hal ini meliputi modal, tenaga, waktu, teknologi, bahan baku dan pasar. 

Disamping itu, hal mendasar dalam ilmu menejemen yakni visi, misi, tujuan dan sasaran.

Visi dapat digambarkan sebagai cita-cita luhur yang abstrak dan sulit dicapai. Contohnya: menjadi perusahaan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia 
Misi merupakan turunan dari visi yang lebih terukur. Contohnya: menjadi perusahaan pangan yang dapat membawa nama Indonesia ke tingkat internasional 
Tujuan merupakan turunan dari misi yang jauh lebih jelas lagi. Contohnya: Menjadi market leader perusahaan pangan di Indonesia
Sasaran merupakan turunan dari tujuan yang memiliki parameter. Contohnya: Memproduksi 1 juta produk pertahun dala 5 tahun kedepan

Sumber gambar: simplilearn.com