Rabu, 19 September 2018

Food Sovereignty

Food sovereignty atau kedaulatan pangan merupakan hak yang dimiliki oleh suatu negara agar secara mandiri dapat menentukan kebijakan pangan untuk menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal yang dimiliki oleh negara tersebut. 
Image result for Food sovereignty
Sumber: globaljustice.org.uk

Kedaulatan pangan penting dilakukan mengingat sudah terdapat kerawanan dalam hal pangan, seperti kejadian kekeringan di Ethiopia, 

Curah hujan Ethiopia hanya 50 mm per tahun dan menyebabkan kekeringan parah sehingga sulitnya mendapatkan pangan. Hal ini ditangani dengan agroecology dan agroforestry.

Image result for agroecology
Sumber: boerengroep.nl

Agroecology merupakan studi yang dilakukan terhadap proses ekologi yang diterapkan pada sistem produksi agrikultur. , sedangkan agroforestry merupakan menejemen penggunaan lahan yang terbatas untuk meningkatkan biodifersitas. 


Pada kasus kekeringan Ethiopia, agroecology dan agroforestry dilakukan dengan memberikan edukasi bagi para wanita mengenai cara mengelola lahan kering agar tetap dapat ditumbuhi bibit, serta pembuatan kompos dan parit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar